Selasa, 27 Januari 2015

Kegiatan Perjalanan di Indonesia



Kegiatan Perjalanan di Indonesia
1.       Sumatera
Kabupaten Anambas Kepulauan Riau
Pengalaman saya di tempat ini bulan Desember 2014 yaitu mengadakan penyuluhan pendidikan lingkungan hidup dan mengeksplorasi kekayaan ekosistem terumbu karang. Penyuluhan PLH ini dilakukan di sekolah sekolah baik SD sampai SMA. Kemudian saya melihat kekayaan laut di Anambas. Mendokumentasikan, dan membuat Karya serta mempublikasikannya untuk masyarakat anambas. Kegiatan ini berlangsung 10 hari.
Kekayaan alam di Anambas begitu Luas. Saya akan ceritakan sedikit tentang kekayaan lautnya, ketika kegiatan saya melihat begitu banyak tutupan karang dan kelimpahan ikan. Saya mendokumentasikannya berupa foto dan video. Ikan kharismatik yang saya temui disini adalah ikan Napoleon (Cheilinus undulatus). Disini terdapat tempat budidayanya. Selain itu ada pula ikan target lainnya. Banyak ikan target yang saya temui saat penyelaman. Seperti ikan kerapu (Serranidae), ikan kakap (Lutjanidae), ikan kakak tua (Scaridae), dan ikan baronang (Siganidae). Berdasarkan pengalaman saya di wilayah ini, ekosistem terumbu karangnya hampir mirip seperti di kepulauan seribu bagian utara.  Tapi kabupaten anambas ini memiliki potensi perikanan yang jauh lebih besar. Seperti yang saya temui di pelabuhan perikanannya. Banyak ikan ikan besar. Seperti tuna, ikan cakalang dll.
2.       Jawa
Jawa Barat
Kepulauan Seribu
Pulau Pramuka, Pulau Semak Daun, Pulau Panggang, Pulau Karya, Pulau Kelapa, Pulau Harapan, Pulau Karang Bongkok, Pulau Pari, Pulau Lancang, Pulau Tidung, Pulau Air, Pulau Tikus, Pulau tengah, Pulau Kongsi, Pulau Karang Congkak, Pulau Karang Beras, Pulau Untung Jawa, Pulau Rambut, Pulau Bokor, Pulau Kelapa Dua, Pulau Kotok, Pulau Bidadari, Pulau Sepa, Pulasebira, Pulau Burung, Pulau Bira, Pulau Belanda, dll adalah tempat yang pernah saya eksplorasi keindahan alam bawah lautnya atau melihat keindahan panoramanya. Saya sudah 4 tahun berkeliling di kepulauan seribu. Seperti rumah ke tiga bagi saya. dari awal kali saya mengikuti Fisheries Diving Club (FDC) sampai saya lulus kuliah di  Perikanan dan Kelautan IPB. Keindahan bawah lautnya di kepulauan seribu yang paling bagus adalah di kepulauan seribu bagian utara. Dari kelurahan pulau pari, kelurahan pulau panggang sampai kelurahan pulau kelapa.  Selama 4 tahun saya kepulau seribu dari tahun 2010-2014. Saya melakukan aktivitas aktifitas  konservasi. Kegiatan saya diantaranya transplantasi karang, menenggelamkan fish shelter, mengamati artificial reef (terumbu buatan), mencari daerah perlindungan laut. Kegiatan saya itu bekerja sama dengan DKP kepulauan seribu, Taman nasional kepulauan seribu, dan pihak swasta. Saya bersama FDC memiliki kenangan manis di pulau seribu. Dari saya awal pelatihan dan pendidikan selam sampai mengabdi untuk mengembangkan pulau seribu.  Dan 2 tahun belakangan ini saya semakin sering ke pulau seribu, hampir setiap bulan kepulau seribu.
Jawa tengah
Karimun Jawa, disini saya hanya snorkling. Karena waktu saya Cuma 2 hari di tempat ini. Tapi saya akan ceritakan keindahan bawah lautnya. Memiliki penutupan karang yang rapat lokasi ini sama halnya di kepulauan seribu bagian utara, namun kerapatan karangnya lebih banyak di tempat ini. Keindahan ikan terumbunya pun memiliki kesamaan dengan kepulauan seribu. Terdapat banyak ikan Pomacentridae.
Jogja
Kenangan di tempat ini ketika saya berlibur di jogja selama 14 hari. Saya akan ceritakan sedikit pengalaman saya. saya yakin semua orang sepakat tempat ini memiliki daya tarik tersendiri bagi yang ingin berkunjung tapi yang paling mencolok dari tempat ini adalah kebudayaan dan sejarahnya. Untuk kebudayaan dan sejarah tempat ini memang sangat kental. Apalagi jika tinggal di rumah orang jogja tidak tinggal di hotel atau penginapan lainnya. Meskipun saya sudah pernah ke jogja sebelumnya, saya tetap merasakan keindahan dan ketentraman jika berkunjung ke jogja. Dan tempat ini emiliki keindahan pantai yang tidak kalah di tempat lain. Pasir putih dan ombak. Tempat ini juga memiliki sejarah yang begitu banyak dan bisa di ceritakan kesemua orang, artinya masyarakat jogja sudah faham dan siap mewariskan kekayaan budaya ke anak cucunya. Begitu banyak tempat sejarah dan wisata. Candi-candi, goa, dll memiliki daya tarik sendiri.
Kendal
Tempat ini saya datangi saat tahun 2014. Disini saya menerima tawaran untuk mengajak masyarakat kendal untuk konservatif. Kegiatan ini berbasis masyarakat. Saya ngin sedikit cerita di tempat ini merupakan daerah konservasi mangrove dan mengajak masyarakat untuk melindungi dan mengkonservasikannya. Dan sosialisasi ke sekolah sekolah dan masyarakat guna mengajak pemuda agar bisa berkarya dan menggapai harapan. Itu salah satu tujuan kami. Satu kata yang bisa saya sampaikan tentang tempat ini yaitu semangat muda!!.
Jawa Timur
Banyuwangi
Saya datang kesini karena saya bersama teman teman saya di banyuwangi, waktunya sediri pada tahun 2014. Saya di banyuwangi bermaksud silaturahmi dan menikmati pemandangan alam yang indah. Benar saja di tempat ini begitu ramai, mungkin karena dekat dengan pulau dewata. Bali. Mungkin tidak banyak saya akan cerita di banyuwangi, sebab isi kegiatan saya disini hanya bercengkrama dengan keluarga dan teman-teman.
3.       Kalimantan
Kalimantan Barat
Di kalimantan barat sendiri bagi saya pengalaman yang luar biasa pada tahun 2012, saya dan teman teman FDC IPB berangkat ke kalbar dalam rangka ekspedisi Zooxanthellae atau riset kelautan berbasis ekosistem terumbu karang.  Hasil nya berupa laporan ilmiah, film, dan foto foto kegiatan guna di publikasi ke masyarakat setempat. Saya bidang pengambilan data untuk ikan terumbu dan pengukuran kualitas perairan. Dan saya bersama teman teman sampai di perbatasan indonesia dan malaysia. Di tempat ini pun kami melakukan observasi sosial ekonomi. Yang bisa gambarkan di tempat ini sambas paloh, memang harus bangga pada NKRI dan semangat!!
4.       Sulawesi
Manado
Manado merupakan kota selanjutnya yang saya kunjungi. Pada bulan desember 2014 saya terbang dari soekarno hata sampai bandara samratulangi. Saya disini dalam rangka bekerja di WCS Indonesia sebagai observer terumbu karang. Saya di sini untuk persiapan survey di daerah manado. Yang akan turun lapangan di pulau SITARO, kami melewati Bunaken dan pulau pulau lainnya.
Siau
Siau merupakan tempat terjauh dari gugus pulau SITARO.  Di sini terdapat salah satu gunung aktif dimanado. Saya menikmati anugrah keindahan pulau-pulau dan kekayaan bawah laut. Saya mengeksplorasi kekayaan ikan terumbu dan biota karang. Kondisinya dikedalaman dangkal 3-5 meter tidak begitu bagus. Penyebabnya dahulu penangkapannya tidak ramah lingkungan seperti potasium. Kondisi pulau siau sendiri sangat menakjubkan, bukit bukit kita lewati. Jurang dan jalan berdampingan. Kami juga mendoumentasikan kegiatan di pulau siau.
Tagulandang
Tagulandang memiliki kharakteristik sendiri dibandingkan dengan pulau siau, disini memiliki kekayaan bawah laut yang beranekaragam dan kondisinya masih bagus. Ada bebrapa pulau yang kondisinya sangat bagus. Dan terdapat pula gunung ruang di kawasan ini. Gunung ini masih jelas terdapat lelehan lahar dan kondisi terumbu karang di bawahnya sedang mengalami rekruitment akibat peristiwa meletusnya gunung ruang.
Biaro
Biaro, merupakan gugusan pulau paling dekat dari manado.  Di Biaro ini kondisinya sangat ekstrim, saya datang pada bulan desember yang merupakan angin barat. Kondisi dengan gelombang tinggi dan curah hujan sering di tempat ini, akan tetapi panaspun sangat terasa di tempat ini. Kabut sering kita jumpai saat kita menyelam. Akan tetapi dibalik kondisi ekstrim ini memiliki kekayaan terumbu karang yang luarbiasa bagus dbandingkan pulau siau dan tagulandang. Deretan pulau di Biaro memiliki kekayaan bawah laut yang bagus.
Makassar
makasar merupakan tempat untuk saya singgah dan berpetualang di wilayah indonesia bagian barat. Di sini saya akan menceritakan sedikit dari proses pengelilingan indonesia. Tempat ini saya akui memiliki banyak kuliner. Mantap. Bagi yang suka kuliner tempat ini merupakan tempat yang pas. mantap
5.       Bali
                Bali merupakan pulau yang saya datangi selanjutnya. Di awal 2014  selama setengah bulan saya disana. Selain bekerja, saya menikmati panorama bali dan kearifan lokal bali. Dari utara sampai selatan bali saya kunjungi dari daerah perbukitan, pegunungan agung dan pantai pantai di bali saya datangi. Saya berfikir di tempat ini memiliki manfaat dan suberdaya alam dan manusia yang potensial. Akan tetapi ancaman di pulau ini pun tidak dipungkiri begitu besar. dari pembangunan versus konservasi. Meskipun sekarang ini di arahkan bidang pembangunan ke arah yang konservatif, akan tetapi  kita harus waspada. Bali sudah terkenal dimancanegara dan saya pun mengakuinya. Dengan berbagai potensi yang ada banyak sekali yang harus kita jaga dan kembangkan. Terumbu karang diwilayah ini menarik bagi saya, ikan terumbu yang ada di bali pun demikian, banyak berita yang mempublikasi ikan terumbu di bali terdapat spesies baru, begitupun terumbu karangnya. Saya di bali tertarik di bidang ekosistem terumbu karang dan pergerakan mamalia laut disana. Dari pantai lovina sampai pantai menjangan saya lewati, melalui daerah kintamani, denpasar lalu ke tanjung benoa sampai di pulau menjangan. Satu kata yang bisa menggambarkan pulau ini yaitu Funtastik
6.       NTB
Bima
Bima merupakan tempat selanjutnya yang saya datangi. Saya kesini pada tahun 2013. Saya disini melakukan kegiatan yang sangat menyenangkan, diantaranya wisata sejarah di museum Raja BIMA, menikmati kuliner BIMA, dan melihat banyak kearifan lokal didaerah bima dan lain lain. Meskipun tempat ini sangat panas tapi masyarakatnya tetap ramah. Kata kata untuk menggambarkan bima adalah bersejarah tempat ini.
7.       NTT
Komodo
            Kegiatan dilaksanakan selama 20 hari, mulai dari tanggal 6 – 25  september 2013 . kegiatan survey  dilakukan selama survey,  muali dari tempat berlabuhnya Kapal Riset Baruna jaya IV yaitu dermaga BJP (bojonegara, banten) – laut jawa – labuhan bajo – pulau alor – pulau komodo – pelabuhan bima – kembali kepelabuhan BJP melalui laut jawa.  di beberapa lokasi tertentu akan dilakuakn survey pengamat CTD, PCO2, sampling air, pengukuran arus , survey bathimetri dan survey SBP. kapal riset (K.R) baruna Jaya IV berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan, khususnya dalam bidang kegiatan  ekspedisi kapal riset dan ilmiah kelautan pulau terluar. Kegiatan di baruna jaya ini sangat berkesan bagi saya. hal hal baru saya dapatkan. Di Pulau Komodo memiliki Pesona yang menakjubkan. Tanah nusa tenggara yang terhampar, hewan hewan bebas di padang savana. Banyak yang ingin saya ceritakan disini. Tapi kata-kata yang bisa mewakilinya yaitu menakjubkan!
8.       Papua
Raja Ampat
                Wow, di tempat ini saya impikan, akhirnya saya pergi ke raja ampat, salah satu surga bawah laut, saya disini menyelam dan memancing. Saya selama 1 bulan di atas kapal mengelilingi dari sorong , tual sampai daerah ambon. Dan saya akhirnya ke raja ampat. Disini saya memiliki perasaan yang diidam idamkan oleh seorang  penyelam dan penikmat keindahan panorama. Tempat ini benar benar luar biasa. Ikan terumbu yang beranekaragam dan terumbu karang yang begitu rapat. Kearifan lokalnya, adat istiadat nya. Banyak sejuta kenangan dan cerita di raja ampat. Meskipun saya belum mejelajahi seluruh pulau di raja ampat, terutama saya ingin sekali ke wayag. Akan tetapi saya bersyukur nisa ke misoll, dan sekitarnya. Satu kata yang ingin saya ungkapkan di tempat ini terimakasih tuhan telah engkau beri kami anugrah keindahan bawah laut dan potensinya.
Sorong
                Sorong, tempat ini memiliki arti bagi saya dalam perjalanan mengelilingi nusantara. Disini saya bisa berbagi ilmu yang saya miliki yaitu perikanan dan kelautan bersama akademi perikanan sorong. Disini saya memiliki banyak teman baru. Di sorong saya pergi ke tanjung kasuari, dan sekitar sorong lainnya. Salah satu kata yang bisa menggambarkan wilayah ini yaitu kekeluargaan.
9.       Blok ARU
                Blok aru ini memiliki potensi yang sangat mempesona saya. disini terdapat keanekaragaman dan keberagaman alam dan adat istiadat. Disini saya pulang pergi dari tual pulau watlai sampai pulau holla. Disini keanekaragaman ikan terumbu memiliki kharakteristik yang berbeda selama perjalanan ku mengelilingi di wilayah barat indonesia.
10.   Blok OBI
                Saya pergi ke blok obi ddalam rangka eksplorasi kekayaan alam bawah laut, ikan terumbu, biota karang, dan biota kharismatik. Didaerah obi juga terkenal dengan kekayaan mineralnya, atau masyarakat sebut batu obi. Kondisi terumbu karangnya pun masih natural, alamnya sangat indah dan kental dengan kebudayaan dan kearifan lokalnya. Salah satu masyarakat yang sangat ramah yang pernah saya temui di wilayah indonesia bagian timur ini.
11.   Blok Serram
Blok seram terdiri dari berbagai pulau, sama seperti blok blok lainnya saya mengeksplorasi di tempat ini. Eksplorasi terumbu karang dan sosial ekonomi.
12.   Ambon
Ambon memiliki
Ambon merupakan tempat yang mengingatkan saya pada pentingnya toleransi.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar