Rabu, 15 Februari 2017

Tingkah laku pari manta




Wilayah Perairan di Taman nasional Komodo memiliki keunikan tersendiri, ke khasan yang bisa membuat kita terpesona. Ada beberapa Biota Perairan yang membuat kita takjub jika berada di wilayah perairan TNK. Misalkan whale shark, Hiu, lumba lumba,  penyu dan pari manta. Dari sekian banyak biota perairan kita akan kenal lebih dekat dengan biota perairan yang sangat mempesona yaitu pari manta.  Pari manta salah satu mega fauna perairan yang hidup pada sebagian atau di cekungan laut yang letaknya jauh dari daratan meskipun beberapa jenis hidup di tepi landasan kontinental.
Pari Manta (Manta alfredi) merupakan Fauna yang mengagumkan, dari bentangan sayapnya begitu luar biasa.  Kami menemukan fauna ini di dalam perairan Taman Nasional Komodo. Panjang tubuhnya dihitung dari bentangan sayap pari manta tersebut, meskipun fauna perairan ini berukuran besar, tapi makanannya plankton, dan ikan ikan kecil


Tingkah laku Pari manta
Foto: Kus



Berenang pari manta sanggup berenang ratusan kilometer dan dikategorikan sebagai ikan pelagis. Cara berenang pari manta dengan menggerakkan kedua sirip samping  ke atas dan ke bawah seperti sayap burung. Sedangkan chepalic fins atau cuping kepala salah satunya berfungsi untuk bermanufer.



 Membersihkan diri (cleaning) Ini adalah perilaku di mana pari manta berdiam diri di suatu tempat untuk membiarkan ikan-ikan kecil memakan parasit atau kulit mati di seluruh tubuhnya, dalam mulut dan insang mereka. Posisi badan agak condong ke depan, mulut dan insang terbuka, sirip bergerak pelan untuk mengimbangi daya apung, kadang berenang memutar untuk kembali ke tempat semula. Tempat membersihkan diri tersebut biasa disebut cleaning station. Cleaning station berupa gundukan karang maupun cekungan di mana terdapat banyak ikan kecil pembersih meliputi ikan wrasse (Labroides dimidiatus, Labroides bicolor, Thalassoma lunare), ikan kepe-kepe (Chaetodon kleinii) dan ikan sersan mayor (Abudefduf spp.). Perilaku ini merupakan demonstrasi dari hubungan timbal balik atau simbiosis mutualistis. Pari manta bersih dari parasit, sedangkan ikan pembersih mendapatkan makanan

 

Mencari makan Ikan pari manta merupakan filter feeder atau penyaring mangsa. Makanan utamanya adalah plankton. Pari manta akan berenang dengan membuka mulut dan insang sehingga air masuk dan keluar dari insang. Plankton akan tersaring dan masuk ke dalam tubuhnya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar