Selasa, 10 Maret 2015

Laut (Green Peace)


Laut menyediakan sumber penting protein, energi dan mineral serta produk-produk lainnya yang digunakan dunia terus menerus dan perputaran laut di seluruh planet menghasilkan lebih dari setengah oksigen kita, mendorong sistem cuaca dan arus energi alami serta nutrisi di seluruh dunia,  menyediakan sarana transportasi jauh lebih dari seluruh sungai-sungai di daratan yang digabungkan dan menjaga Bumi tetap dapat dihuni.
Tanpa adanya lautan luas tak akan ada kehidupan di Bumi.
Karena itulah, sangat mengkhawatirkan ketika kita merusak laut hingga skala yang tak dapat lagi dibayangkan  kebanyakan orang.
Kita tahu bahwa aktifitas manusia dapat mengakibatkan dampak serius pada kekuatan-kekuatan penting yang mengatur planet kita.  Secara fundamental, kita telah merubah iklim global dan baru saja mengerti konsekuensinya.
Meski sebagian besar belum juga terlihat hingga sekarang, namun tetap cukup serius, adalah dampak yang kita alami di laut.
Laut yang sehat memiliki ekosistem yang beragam dan habitat yang kuat.  Situasi sesungguhnya dari laut kita jauh dari norma alamiah ini.
Tak terhitung banyaknya jumlah tekanan manusia yang diberikan baik secara langsung dan tidak langsung pada ekosistem  saat spesies laut didorong menuju kepunahan dan habitat laut, seperti mangrove, lamun dan terumbu karang, dihancurkan.  Keragaman laut terdegradasi dan dilucuti, ekosistem laut kehilangan daya tahan yang melekat pada mereka.
 Kita perlu menjaga laut karena tanpa laut, tak akan ada kehidupan di Bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar