Rabu, 06 Agustus 2014

Hidup ini tak terasa jika bersamamu




Hidup ini tak terasa jika bersamamu, hiidup di temani alam yang indah, banyak kejadian yang pernah hinggap dalam kenanganku. Ya benar.. aku ini telah digandrungi oleh  dunia laut. Tak lain dan tak bukan Laut Indonesia, yang sudah menjadi fakta bahwa negeri ini negeri maritim. Pertamakali aku tenggelam dalam dunia kelautan saat aku melihat peluang dan masuk didunia kelautan IPB. Disisi ini aku terpeleset tidak sengaja menemukan surga dunia, surga dengan berbagai rupa keindahan. Yang menjadi pertanda di negeri ini harus kita lestarikan surga kita. Dinegeri yang kaya ini, keingintahuanku meningkat saat masuk kelautan. Dari tahun 2010 aku masuk ke kelautan, yap.. sudah 4 tahun aku merasakan asin nya rasa air laut.
Pertama aku jelaskan backgroundku berasal, yaitu dari didikan dan latihan fisheries diving club IPB, selama pendidikan aku alami selama setahun lebih diajarkan berenang dari awal tidak bisa sama sekali sampai menjadi yang dibanggakan IPB sebagai atlit, dari tidak tahu dan buta akan tekhnik menyelam sampai menjadi pelatih diving, iya aku sangat berterimakasih kepada Fisheries diving Club IPB.  Awal mula aku mengenal alam ini melalui FDC IPB.
Setelah mempunyai kemampuan dan kecakapan dalam menyelam, aku memiliki beberapa Trip . Diantaranya
1.       Pelatihan Perairan Latihan terbuka di Pulau semak daun dan sekitarnya (Pulau pramuka, Pulau panggang, pulau karya, pulau air, pulau kelapa dan pulau harapan)
2.       Simulasi Pengambilan data di pulau Pramuka dan sekitarnya (Area Perlindungan Laut, Pulau panggang,pulau karya, pulau gosong sekati, pulau air.
3.       Pengajar Pelatihan perairan terbuka di pulau karang bongkok dan sekitarnya (Pulau kelapa, pulau harapan)
4.       Pengajar Simulasi Pelatihan Perairan Terbuka di Pulau dpamuka dan sekitarnya
5.       Pengambil data budidaya karang di pulau panggang
6.       Pengambilan data ikan karang di pulau Pari dan sekitarnya (pulau tikus, pulau burung, pulau tengah )
7.       Pengambilan data kelimpahan zooxanthellae di pulau pari
8.       Pengambilan data oseanography di pelabuhan ratu
9.       Ekspedisi zooxantellae di kalimantan barat
1.   Ekspedisi riset kelautan bersama BPPT dengan menggunakan kapal baruna jaya IV dari banten ke Komodo dalam rangka sail Komodo
1.   Ekspedisi pengabilan data ekosistem terumbu karang di perairan Sorong raja ampat, Blok ARU, BLOK South East Serram , Blok OBI. Di daerah papua sampai maluku
1.   Aksi peecahan rekor MURI dalam  pengambilan data ekosistem terumbu karang terbanyak , aksi coastal clean UP, dan menanam mangrove.
1.   Ekspedisi pulau dewata bali

Pengalamanku ditemani dengan Masker, ya... alat untuk membantu penglihatanku dibawah air. Melihat kejadian yang terjadi di laut kita, negri indonesia. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar