Selasa, 10 Maret 2015

Laut mati, planet mati (Green Peace)

Laut mati, planet mati

Kita perlu menjaga laut sekarang lebih dari waktu-waktu sebelumnya, karena laut memerlukan seluruh ketahanan yang bisa dikerahkan menghadapi perubahan iklim dan potensi dampak bencana yang mulai terjadi.
Kampanye Greenpeace ‘Menjaga Laut Kita’ dimaksudkan untuk melindungi dan menjaga laut kita sekarang dan di masa depan dengan cara menyisihkan bagian dari laut global sebagai Cagar Alam Laut (Marine Reserves) yang bebas dari eksploitasi dan kendali  tekanan manusia, memungkinkan kawasan-kawasan laut ini mendapatkan waktu jeda yang sangat dibutuhkan untuk pemulihan dan pembaharuan. Kami juga mendorong agar setiap negara memiliki daerah konservasi lautnya sendiri yang dikembangkan bersama masyarakat dan menghormati hak-hak adat dan hak kelola sumber penghidupannya.
Dibangun dengan sistem perlindungan dan pemulihan,  Cagar Alam laut prinsipnya sama dengan taman nasional dalam skala internasional. Cagar Alam laut tersebut dibangun secara ilmiah dan bertujuan untuk penanganan krisis di laut yang perlu bekerja dan didukung bersama oleh aktifitas lainnya yang dirancang untuk memastikan laut dijaga dan dikelola secara bertanggungjawab, secara  berkesinambungan.
Melebihi Cagar Alam, kita perlu mengatasi banyak tantangan besar bagi kelangsungan laut dan menemukan cara-cara terbaik untuk mengolah sumber dayanya.  Untuk tujuan ini, sementara berkampanye untuk Cagar Alam Laut, kami juga melakukan kampanye melawan berbagai aktifitas yang membawa laut hingga titik krisis ini – yaitu kami menyingkapkan jumlah tekanan yang tak terhitung banyaknya, mengungkapkan ancaman, berhadapan dengan pelaku kejahatan dan mengarahkan pada solusi serta langkah-langkah yang diperlukan untuk menciptakan laut yang berkelanjutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar